babyzar

Sunat Bayi? Siapa Takut!

11:02:00 AM
ASI

Alat Tempur Pejuang ASIP Mama Rock n Roll :D

3:50:00 PM
About Pregnancy

Kisah lahirnya Si Ngganteng nan Soleh, Abizar :)

11:59:00 AM

Thursday, August 28, 2014

Sunat Bayi? Siapa Takut!

Posted by - h u n n y - at 11:02:00 AM 6 comments Links to this post
"haah masih bayi kok udah disunat?"
"iih hani...kan kasian.."

itu rata2 ekspresi yang orang2 keluarkan pas bilang izar disunat..
hmmm...yuk mari, skrg aku mau ceritakan asal muasal terbentuknya gunung tangkuban perahu *loh
*digetok pembaca XD

jadi jadi,,,pas usia izar sekitar 3,5 bulanan, izar demam tinggi sampe 40 dercel :O
wuuu panaaaass bgt, demam tinggi sampe 1 minggu ngga sembuh2...
demam-kompres-minum obat-demam lagi-kompres lagi-minum obat lagi dst -.-
cek darah pun hasilnya bagus, etapii...ada indikasi izar sedang terserang infeksi
tapi masih tanda tanya, infeksi dimananya??

pas periksa ke DSA, dicek lah itu tititnya izar, kulupnya ditarik dan AHAAA! ketauan.. kulupnya agak merah, dan disitu byk putih2 kotorannya..
akhirnya izar dibilang kena infeksi saluran kemih (ISK), karena saat itu juga kita mendeteksi izar pipisnya kayak anyang2an gtu sedikit2, udah gtu ngeden kalo pas mau pipis :( kan kasiaaaan
dan dgn terpaksa, izar harus terpapar antibiotik di usia sekecil itu....
hhhhhh...


alhamdulillah izar sembuh buh buh setelah itu...udah ngga demam lagi..

jadwal imunisasi di Rumah Vaksinasi ketemu dr,piprim, sekalian deh nanyain ke dr,piprim tentang ISK..
terus dr,piprim ngecek tititnya izar dan yaa katanya kulupnya itu sempit, jadi kalo pipis ngga akan habis air seninya, akan ada yg tersisa di kulupnya itu dan menjadi tempat enak buat bakteri berkembang,
"udah bu,,disunat aja anaknya, biar ngga parno kambuh lagi ISK nya, obatnya ya cuma disunat itu"
deg! haah? disunaaat ? izar kan masih bayi bingiit ?
saat itu bener2 blank ngga bisa membayangkan ini gimana klo izar disunat ?
ngga tega,,,galau,,,bingung,,,nyabutin kelopak bunga mawar satu2 sunat-ngga-sunat-ngga (oke, ini mulai lebay)
maju mundur, hari ini "ayah..oke fix, kita sunat izar", besok "yaaah...duh bener nih izar mau disunat? ngga nanti2 aja kalo udah gede?" XD
uuuuwww kyknya aku ini anggota bububil banget! (ibu-ibu labil)

demi kebaikan dan kesehatan Abizar ganteng, bismillah kami memutuskan untuk mengkhitan izar setelah lebaran..

hari H pun tiba..............jreng jreeeeng....

kami memutuskan untuk mengkhitan izar di Rumah Sunatan, alasannya cuman satu, karena Rumah Sunatan ngga begitu jauh dari rumah :D
Izar dikhitan menggunakan metode smart klamp, jadi tanpa jahitan dan tanpa berdarah :)

(gambar dari https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTaZcau2iOE6d9v79RHnrgYz6JLDACCOBwX97FLWSAmwF938x623w)

waktu izar dieksekusi, duh! ketar ketir hatiku maaak !
deg2an bukan kepalang @.@
nanti izar gimana yah?
klo kesakitan gimana?
rewelnya bakal berapa hari?
sembuhnya kapan?
tuing tuing...criing! kembali menjadi bububil

aku nunggu di ruang tunggu aja deh, ngga berani nemenin izar di dalem...ngga tegaaa T.T
ayah, umi, dan onty di dalam ruang tindakan nemenin izar yang udah mulai ngerengek2 keras, bukaaan  bukan karena kesakitan soalnya udah dibius, tapi karena dia berontak dan ga betah tangan dan kakinya dipegangin ga boleh gerak :D
aku? di ruang tunggu pura2 ga denger padahal mah kepengen ikutan nangis juga XD

izar di ruang tindakan kurang lebih 15 menitan, setelah jejeritan nangis kemudian nenen dan bobok! alhamdulillaaah...
sesaat setelah izar dikhitan, poto dulu buat bukti nanti kalo izar udah gede klo dia udah disunat, takut minta sunat lagiii XD
(itu ceritanya izar sarungan pake pernel :p)



sesampainya di rumah, yaaak! petualangan dimulai!
biusnya izar udah mulai ilang, izar mulai kesakitan dan dia nangis kejeeerrrr jer jerrrr sampe badannnya pada kaku, suaranya serak, batuk2 lebay, dan itu berlangsung 3 JAM NON STOP !
izar cuma mau digendong sambil nangis terus, diajak duduk ga mau, apalagi tiduran...
aku gendong dan peluk terus izar yang nangisnya sampe ngga keluar air mata, tangan sampe gemeteran 3 jam full gendong izar (izarnya ndutt sih :p) dan yaaak akupun pastinya ikutan nangis XD

setelah itu, udah ga terlalu sakit mungkin ya.. izar pun tidur :D
alhamdulillaaah leganya liat izar bisa tidur, kasian dia nangis kejer sampe kecapean..

masih deg2an nanti kalo bangun nangis lagi gimanaaa...
tapi eh tapi ternyata pemirsa, setelah itu izar anteng dan soleh seperti biasa, ngga kayak pasien sunatan :D
dengan klamp yang mecucu jreeeeeeeng tau2 izar bisa tengkurep sendiri :D
wuaaaa jangan tengkurep dulu deeek,,,takut klampnya copot XD

setelah 5 hari, kontrol untuk cabut klamp, setelah itu tunggu 10hari-an kulit matinya copot juga...
jadi yaa total 2 mingguan deh sembuh total nya..
alhamdulillah setelah semuanya terlewati, ternyata ngga sehoror film2 thailand :D
ternyata kata dokter emang kalo disunat waktu bayi, sembuhnya lebih cepet dan dia kan belum ngerti juga..
alhamdulillah jadinya izar ngga rewel, dan postingan ini bunda bikin buat bukti ya dek kalo kamu waktu bayi udah sunat, nanti udah gede ga boleh minta sunat lagi karena pengen dibeliin sepeda :p
kkkkkk~


Alhamdulillah,,,skrg izar udah sembuh total, insyaAllah ngga akan kena ISK lagi..
udah gede, tambah soleh, tambah sehat, tambah ngganteng mengalahkan ayah :D
hihiii

Kamu anak hebat nak!
Ayah & Bunda sayang Izar :)



-hunny-



Friday, August 15, 2014

Alat Tempur Pejuang ASIP Mama Rock n Roll :D

Posted by - h u n n y - at 3:50:00 PM 0 comments Links to this post
Assalammualaikum.. Hello..

sekarang aku mau share tentang per-ASI-an..
dulu pas menjelang punya babyzar, guglang gugling sana sini cari tau, apa aja siiih yg perlu disiapin dan yg wajib dimilikin sama working mom yg mau diperah ASI nya kayak aku ini XD
*'perah' udah kayak sapi yak :p

ini dia alat perang ku tiap hari yg ga boleh sampe ketinggalan,
ibaratnya nih ketinggalan HP sama dompet mah ga masalah, asal jangan ketinggalan seperangkat alat perang ini :D

Alat Tempur ASIP hunny


1. Breast Pump alias Pompa Asi
Aku pakai pompa ASI Manual merk Medela Harmony. Pompa ASI itu cocok2an looh buibu..
ada yg cocok di ibu satu ngga pasti cocok di ibu lain. Ini saya akhirnya memutuskan pake harmony ini setelah petualangan panjang saya sewa-menyewa dulu breast pump di temen kantor yg kebetulan punya usaha penyewaan breast pump.
Semua komponennya harus dibawa loh yaa, ada 1 aja komponen yg ketinggalan udah deh dadah byebye!
Sebenernya sih dari artikel2 yg aku baca, disebutkan bahwa memerah pake tangan alias marmet itu jauuuh lbh enak dan lbh efektif dibanding pake pompa ASI.
Tapi etapii aku udah nyobain berkali2 tetep aja ngga jago XD

yg ada aku malah lecet2, pegel dan lamaaa...jadiii ya pake pompa aja deh XD

Harga : 550rb di Audrey BabyShop ITC Cemas



2. Tas ASIP
Aku pakai tas ASIP dari GABAG, tas sejuta umat ini XD
kalo di jalan banyak ketemu busui yg pake tas ini :D
hehee..soalnya mudah didapat dan harga terjangkau, kualitas juga oke ;)
Tas ini aku pakai untuk bawa ASIP di perjalanan kantor-rumah pake motor..

Harga : 150rb di Audrey BabyShop ITC Cemas 

3. Blue Ice
Untuk bawa ASIP di tas, agar suhu dinginnya terjaga, maka dibutuhkan si Blue Ice ini biar ASIP di tas masih dingin terus sampai di rumah.

Harga : 75rb kalo ga salah, di PGC

4. Botol Kaca ASIP
ASIP hasil perahan, biasanya aku pindahin ke botol kaca ini. Botol ini juga aku pakai untuk nyimpen stok ASIP di freezer. Berkapasitas 100ml.

Harga : sekitar 1500 di Pasar Pramuka

5. Botol Susu
Sebenernya ini udah sepaket sama pompa ASI, ya karena percuma juga bawa pompa ASI kalo ngga bawa botol XD
enaknya medela harmony ini, botolnya bisa botol apapun yg standard neck ;)

6. Hand Cleaner
Buat aku ini sih wajib juga, demi menjaga kebersihan dan kegantengan Izar *eh* cuci tangan dan pakailah Hand Cleaner sebelum merah

Harga : sekitar 10rb

7. Plastik ASIP
yang juga ngga kalah penting adalah Plastik ASIP. Plastik ini harus selalu siap sedia di kantor, di tas ASIP, atau dimana aja deh pokoknya.
Biasanya sewaktu2 ternyata ASI melimpah ruah di kantor, botol kaca udah keisi semua, plastik ASIP ini lah solusinya :D

Harga : 40rb/pak

8. Kotak Plastik
Naaaah...buat aku ini juga penting banget.
Kotak plastik untuk naruh dan ngocok pompa ASI di kantor.
Aku pakai teknik steril pompa ASI di kantor dengan cara ngocok2 pompa ASI pakai air panas dispenser di dalam kotak ini, kocok2 bentar, buang airnya, tutup rapat, simpen deh untuk memerah sesi berikutnya.
ohya..plastik yg food grade dan tahan panas yaa ;)

Harga: tupperware sekitar 50an kali ya..ini dapet dikasih tante mira soalnya XD


daaan inilah saya si Pejuang ASIP Mama Rock n' Roll



oke..semoga bermanfaat yaa ;)

-hunny-

Friday, August 8, 2014

Kisah lahirnya Si Ngganteng nan Soleh, Abizar :)

Posted by - h u n n y - at 11:59:00 AM 0 comments Links to this post
Assalammualaikum...ehemmm *benerin gendongan*

Cek..cek..cek..
Kembali saya, Hani hadir dengan status yg baru, ibu dr anak sholeh nan ngganteng yg namanya izar :)

Ga ada waktu mau ngepost dr sejak hamil terus ngelahirin terus punya anak terus rempong XD

Pengen cerita kisah panjang lahirannya izar nih..udh siap belom hayoo didongengin sama bundanya izar :p
*benerin mic*

Jadi, pas usia kandungan 36w, terpaksa obgynnya ganti lg,karna yg biasa lg ke luar kota -.-
Dan kata obgyn yg berjilbab, yg kelihatannya masih muda ini, izar yg masih di dlm perut ini beratnya keciiil..di bawah berat janin normal seusia itu ;(
Syedih rasanya dblg kyak gtu..lalu aku disuruh utk rajin2 makan eskrim, coklat, utk naikkin bbj..

Sampe tiba dk usia 38w dan aku akhirnya cuti, merapat ke rmh mamah di bandung, daaaan akhirnya ketemu sang dokter idaman, dr.delle di rsia al-islam cicadas..ternyata eh ternyata aku lgsg disuruh stop utk makan2 coklat sma eskrim itu, "bayi kamu udah gede ini"
Wuaaa...

Hari2 terakhir menjelang hpl setelah cuti ini, rasanya deg2an bgt..
Kapan ya lahiran?
Kontraksi itu rasanya kayak apa?
Melahirkan itu gmn?
Anakku kayak apa?
Kok ngga mules2?
Itu pertanyaan bulaaak balik bikin galau :s

Kalo kata dr.delle, "melahirkan itu jihadnya seorang perempuan, makanya ayook latian..siapkan fisik dan mental kamu, jalan jalan jalan jalan terus"

Sampai akhirnya H-4 hari selasa waktu itu, kontrol lg ke dr.delle di usia kandungan 39w3d yg masih blm ada tanda2 melahirkan..dan dgn kondisi tulang diatas kemaluan yg mulai terasa sakit ketika melangkah, mau ubah posisi saat tidur juga sakit, mau pake celana sakit juga :'D
Subhanalloh yaa perjuangan menjadi seorang ibu..
Dari hasil usg air ketuban mulai berkurang, trs aku dsruh untuk cek jantung janin, apa ya nama alatnya aku lupa..pokoknya kabel2 ditempel di perut, terus kedengeran bunyi detak jantung janin di speaker dan tercatat di kertas outputnya..
Alhamdulillah kondisi izar masih baik, pes dr.delle wkt itu, "trs jalan kaki yaa..kita perjuangkan trs utk bisa lahir normal"

Sampe di rmh bulakbalik jalan kaki, berdiri jongkok..
Sampai di tengah malam waktu itu...
*jeng jeng jeeeeng*
*minum dulu*

Lg enak2nya bobo2 cantik, kok ini pinggang rasanya pegel bgt..
Mungkin kecapean, pikirku.
Dibawa bobo masih bisa, tp kemudian sering kebangun 1 jam, 45 menit, 30 menit..
Masih ragu, ini kontraksi bukan sih??
Mau bangunin umi kasian lg tidur, mau telpon ayah jg kasian masih pagi buta bgt..
Jam 03.30 umi bgun,
"Mah..sakit pinggang, ini kontraksi bukan?"
"Ngga tau, mamah jg lupa rasanya kontraksi"
-___-'
"Udah sana turun jalan kaki, siapa tau bener mau ngelahirin"

Lanjuuut jalan kaki teruus..
Rasa mules pun mulai sering, yak! Kayaknya aku beneran mau ngelahirin wooooow!
Subuh telpon ayah yg lg di jakarta,
"Halo ayah.."
"Iyaa" suara masih tidur
"Yah..kyknya aku kontraksi"
"HAAH? trs aku kesana skrg?"
"IYAAA!" sambil meringis nahan mules..

Jam stgah 6 terus diajak ke al-islam sama umi, utk ngecek ini beneran kontraksi atau bukan..
Di al-islam lgsg dicek dalam sama bidan daaaaan ternyata udah pembukaan 3 soadarasodari!
*kemudian keringetan*
Mulesnya mulai semakin intens..disuruh jalan kaki udah ga kuat XD
Sambil diusap2 umi kalo kontraksi dan hati kecil masih ngarep bisa lahiran ditemenin ayah..
Tp mengingat rasa kontraksi yg emm sungguh nikmat itu, aku berbisik ke izar,
"Izar sholeh, silakan keluarlah kapan sesuka hati izar.. ayo cari jalan lahirnya bareng2 bunda.. sambil kita berdoa mudah2an ayah juga lancar dan selamat sampai disini"
Sambil kontraksi, aku inget2 semua artikel yg pernah ku baca ttg gentle birth, bahwa rasa sakit kontraksi itu jgn dilawan, dinikmati aja :')
Sambil kontraksi masih bisa sarapan disuapin umi, sambil terus mengucap dzikir, mengatur nafas..
YaAllah..disitu aku baru menyadari betapa besarnya dlu perjuangan umi ketika melahirkan aku, begini kah rasanya menjadi ibu...

Sampai akhirnya kok rasa2nya pengen pup,
"Bidan..pengen ee..pengen ee"
Hihii teriak kyak gtu :p
Kemudian dicek dalam lg udh pembukaan 8 menuju 9 dan byuuuuurr ketuban pecah..
Sekitar jam 8.30 waktu itu, dr.delle pun udah ngga mgkin utk bisa sampe disini karena macet..
Bahkan utk pindah ke ruang persalinan dr ruang observasi pun udah ga bisa, izarnya keburu berojol :D
Alhamdulillah bbrp kali ngejan dan didampingi umi, lahirlah izar dgn selamat pd hari rabu 26 feb 2014, jam 09.00 di rs al-islam dgn berat 3460 gr dan panjang 50cm, tepat ketika izar oweeek oweeek nangis dtglah ayah kreeeek buka gorden dan izar udh keburu lahir :p
*udh kayak pilem2 india, inspektur vijaynya telat datang*

Dan setelah melahirkan, lgsg teriak
"Lapaar yah.. nasi sisa td pagi mana, laper bgttt"
=)))
Melahirkan itu capeee bgt, bikin laper :p
Hehee


Anak ngganteng nan soleh itu kami beri nama, Abizar Daniswara Karisma :)


Izar 1 jam setelah lahir digendong ayah :3




-hunny-