About Pregnancy

Hamil Naik Pesawat ?

10:51:00 AM

Monday, August 3, 2015

Hamil Naik Pesawat ?

Posted by - h u n n y - at 10:51:00 AM 0 comments Links to this post
Assalammualaikum..
heyhoo helloo...pengen cerita sedikit nih pengalaman naik pesawat pas lagi hamil, siapa tau bisa membantu bumil2 disana yg lg gencar brosing2 tentang travelling naik pesawat pas lag hamil ;)

1. pas hamil Izar, aku pernah naik pesawat jakarta-bali di usia kandungan sekitar 12w apa 14w gtu..
pokoknya masih hamil muda bgt..
karena merasa sehat, dan perut masih bisa dibilang belum buncit, PD laaah aku utk pergi nyusulin suami yg kebetulan lg DL ke Bali dan aku ngikut buat nebeng hanimun :p
hihiii
pas perjalanan Jakarta-Bali sih aku lapor kalo lg hamil, trs ditanya udah brp bulan, karena masih 3 bulan jadi ngga diminta surat dokter, cuma disuruh tanda tangan surat pernyataan aja..
dan alhamdulillah semua perjalanan berjalan lancaaarrrr :D

kalo pas balik Bali-Jakarta nya aku malah ngga lapor sama petugas kalo lg hamil :p
hihiii

2. Pengalaman kedua, pas hamil adiknya izar ini.. mudik lebaran kemarin penerbangan Banda Aceh-Bandung di usia 29w dan Semarang-Banda Aceh di usia 31w
  • Banda Aceh-Bandung
    Kami mudik pakai lion air, dan aturan terbaru dari maskapai lion air utk penumpang ibu hamil ini adalah kalau kehamilan lebih dari 28w wajib menyertakan surat dokter, dan maksimal usia kehamilan untuk terbang adalah usia 32w, surat dokternya juga berlaku 3 hari yaa dari tanggal pembuatan surat, jadi bikin surat dokternya klo bisa pas mepet2 hari mau terbangnya, supaya ngga kadaluarsa :D
    di bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, karena perut udah mblendung ditanya lah pas mau masuk ruang tunggu, ditanya surat dokter dan ttd surat pernyataan..udah selesai..
    pas transit di Kualanamu pun malah blass ga ada yg nanya2in..
  • Semarang-Banda Aceh
    Perjalanan yg ini cukup panjang dan melelahkan...
    pertama pesawat Semarang-Jakarta...disni pas waktu check-in ditanyain surat dokter, ttd surat pernyataan dan kesalahannya adalah surat dokter yg cuma ada satu2nya itu diminta sama petugasnya dan ga dibalikin lagi..catet ya bubumils kalo diminta dan mau diambil, minta lg suratnya..apalagi klo penerbangannya transit..
    Jakarta-Medan
    naaah pas transit di jakarta ini jadi agak ribet karena surat dokternya ngga dikembaliin sama petugas di semarang tadi..
    jadi pas transit ditanyain lg deh itu surat dokter,
    "suratnya diminta sama petugas di semarang td mas ngga dibalikin"
    "loh, harusnya ibu minta lagi suratnya"
    "lah mana saya tau mas, bukannya ini pesawat sama2 lion, harusnya ya nyambung dong"
    "kami belum connect bu antar bandara, jadi skrg ibu ke ruang kesehatan bandara aja ya periksa disana"

    yaaa dgn berat hati ikuti prosedur aja laah, meskipun abis jalan jauh, harus balik jalan lg jauh ke ruang kesehatan bandara -.-
    di ruang kesehatan cuma ditensi dan diraba2 perutnya, kemudian dibikinin surat layak terbang sama petugasnya, hasil raba2 petugas yg kyknya bidan itu malah dibilang kandunganku baru 24w
    kkkkk...pdhal kan udah 31w :p ohiyaa bayar juga 50rebu..
    setelah dapet surat layak terbang, ttd surat pernyataan lagi dan yaa terbang lagi :D
    Medan-Banda Aceh
    eladalah disini ditanya lg, ada surat dokter ngga, hamilnya berapa bulan, ttd surat lg...
Alhamdulillah selama perjalanan ngga ada kendala yg berarti, lancar2 aj
a.. dedek bayi juga anteng di perut..masih aktif seperti biasanya juga..
jadi intinya yg penting kondisi janin dan ibu sehat, dapet acc dari dokter kandungan dan yg penting lagi Percaya Diri :D

sooo..selamat terbang yaa bumiilllss :D


gambar dari : https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR5rPcCjlM452VkUR2h9-VOfKwDLtyUcXwY8lyP1euUnitF3QGNzw


-hunny-